NAMCHE : Bukan Sekolah Asal-Asalan (1)

Oleh : Ananda Sevma

Dulu aku pernah bermimpi, “Aku pasti akan menebus impianku!”

“Aku pasti bisa sekolah di Teladan…”

Namun, NEM-ku menghasilkan hasil yang di bawah standar anak-anak Teladan. Sebut saja 36,65. Delayota? Itu bukan impianku, kapanpun. Aku sudah sangat cinta dengan Teladan. Kecintaanku bisa terbukti pada waktu pendataan bagi yang sekolahnya di Luar Kota. Sesungguhnya pendataan dapat dilakukan di Delayota (bagian timur), namun, aku bersikeras untuk melakukan pendataan di Teladan (bagian barat). Walaupun jauh, tak apalah, itu adalah sekolah yang ‘nggak ada’ geng-gengannya. Bagiku waktu itu, tak ada pilihan selain Teladan.

Hari pertama dan kedua pendaftaran sekolah

Tepatnya tanggal 5 dan 6 Juli 2010. Aku tak ingin beranjak ke Teladan. Kasihan orang tuaku. Biasanya nanti akan berlangsung adegan ‘bohong-bohongan’. Membohongi orang lain dengan menyebutkan NEM anaknya secara berlebihan (tidak sesuai ijazah).

Hari pertama itu aku belum melakukan pendaftaran. Aku masih sibuk mengikuti daftar nilai yang masuk di PSB Online. Ternyata banyak orang nekat! Berani-beraninya NEM di bawah 33 berada di jangkauan Teladan. Apakah dia diterima? Mungkin. Namun, kini masih hari pertama. Orang yang pintar masih tidak terlalu sibuk dengan pencarian sekolah di hari awal begini. Pasti. Pasti orang pintar akan mendaftar pada hari kedua. Ya, sekadar mendesak nilai-nilai buruk di bawahnya. Habis itu orang pintar akan ‘kipas-kipas’ di rumah.

Hari pertama itu, ibuku mengajak untuk menuju ke Delayota dan Namche. Suasana yang terduga. Adalah wajah siswa-siswi yang  tentunya tak berdosa. Aku harus mengubah wajahku untuk gembira.Dasar! Detektif kuno!

Hari kedua. Penuh teka-teki yang rumit. Pagi-pagi kubuka PBS Online. NEM-ku sudah ‘nggak nyandak’di Teladan. Lalu, kubuka daftar nilai yang masuk di Delayota. Tak ada harapan juga. Kulihat NEM Luar Kota (dengan titik merah) terendah adalah 36,55. Ada juga di atasnya 36,65. Sama dengan nilaiku! 36,65 dengan nama Yosephine bla bla bla (aku lupa). Pilihan pertamanya adalah Delayota. Lalu, aku klik namanya dan muncullah pilihan kedua yang dipilih orang itu. Pilihan keduanya adalah Namche.

Insya Allah bersambung

Leave a Reply

