Bersyukurlah

Jika populasi bumi berkurang hingga menjadi sebuah desa dengan hanya 100 orang penduduk, seperti apakah profil desa kecil yang beragam ini, jika seluruh perhitungan rasio kependudukan dianggap masih berlaku? Philip M. Hartner, MD dari Fakultas Kedokteran Stanford University Amerikat Serikat, mencoba menemukan jawaban atas pertanyaan ini.

Berdasarkan analisanya, desa kecil bumi akan terdiri dari :

57 orang Asia,

21 orang Eropa,

14 orang berasal dari belahan bumi sebelah barat, dan

8 orang Afrika

52 perempuan

48 laki-laki

80 bukan kulit putih (termasuk kulit sawo matang, hitam, dan kuning langsat)

20 kulit putih

89 heteroseksual

11 homoseksual

6 orang memiliki 59% dari seluruh kekayaan bumi, dan keenam orang tersebut seluruhnya berasal dari Amerika Serikat.

80 orang tinggal di rumah-rumah yang tidak memenuhi standard.

70 orang tidak dapat membaca.

50 orang menderita kekurangan gizi.

1 orang hampir meninggal,

1 orang sedang hamil,

1 orang memiliki latar belakang perguruan tinggi, dan

1 orang memiliki komputer.

Marilah kita merenungkan analisa Hartner, mulai dari hal-hal sebagai berikut :

• Jika Anda tinggal di rumah yang baik, memilik banyak makanan dan dapat membaca, maka Anda adalah bagian dari kelompok terpilih.

• Jika Anda memiliki rumah yang baik, makanan, dapat membaca dan memiliki komputer, maka Anda adalah bagian dari kelompok elit.

• Jika Anda bangun pagi ini dan merasa sehat, Anda lebih beruntung dari jutaan orang yang mungkin tidak akan dapat bertahan hidup minggu ini.

• Jika Anda tidak pernah merasakan bahaya perang, kesepian karena dipenjara, kesakitan karena penyiksaan, atau kelaparan, maka Anda berada selangkah lebih maju dibandingkan 500 juta orang di dunia.

• Jika Anda dapat menghadiri kajian Islam, seminar entreneurship, atau pertemuan politik tanpa merasa takut akan dilecehkan, ditangkap, disiksa, atau mati, maka Anda beruntung, karena lebih dari 3 milyar orang di dunia tidak dapat melakukannya.

• Jika Anda memiliki makanan di lemari pendingin, baju-baju di almari pakaian, dan memiliki atap yang menaungi tempat Anda beristirahat, Anda lebih kaya dari 75% penduduk di dunia ini.

• Jika Anda memiliki uang di bank, di dompet, dan mampu membelanjakan sebagian uang untuk membeli sepatu ‘Crocs’ terbaru, berwisata ke pulau Bali, atau menikmati hidangan di restoran, maka Anda merupakan anggota dari 8% kelompok orang-orang kaya di dunia.

• Jika orang tua Anda masih hidup dan menikmati bahagianya kehidupan pernikahan mereka, maka Anda termasuk salah satu dari keompok orang yang dikategorikan langka, terutama di Amerika Serikat.

• Jika Anda mampu menegakkan kepala dengan senyuman di bibir dan merasa benar-benar bahagia, maka Anda memiliki keistimewaan tersendiri, karena sebagian besar orang tidak memperoleh kenikmatan tersebut.

• Dan jika Anda dapat membaca pesan ini, Anda baru saja menerima karunia ganda, karena seseorang memikirkan Anda, dan Anda jauh lebih beruntung dibandingkan lebih dari 2 milyar orang yang tidak dapat membaca sama sekali.

Semoga Anda menikmati hari yang indah ini. Hitunglah karunia kenikmatan yang telah diberikan Allah kepada Anda, dan sampaikan hal ini kepada orang lain untuk mengingatkan bahwa sesungguhnya kita adalah orang-orang yang sangat beruntung.

Salah cara untuk mensyukuri nikmat Allah adalah dengan berterima kasih kepada manusia yang menjadi perantara sampainya nikmat Allah kepada kita. Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

“Orang yang tidak berterima kasih kepada manusia, berarti ia tidak bersyukur kepada Allah”

[HR. Tirmidzi no.2081, ia (Tirmidzi) berkata: “Hadits ini hasan shahih”]

___________

Ananda Sevma

Semoga bisa mengambil hikmah yang tersirat maupun tersurat. Keep your smile! ☺☻

Selesai diketik pada hari Jumat, 6 Juli 2012, pukul 20:24 WIB.

Catatan ini diambil dari e-book motivasi pribadi dengan beberapa penyuntingan sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s