Kultum : Ilmu

Bersyukur karena Allah masih memberi kita kesehatan untuk melaksanakan puasa dan memberi kita  waktu untuk melaksanakan amal-amal yang baik, dan salah satunya adalah dengan menegakkan sholat Subuh berjama’ah dan mengikuti kultum ba’da Subuh yang di dalamnya –Insya Allah- terdapat berbagai ilmu khususnya tentang Islam.

Apa arti ilmu? Secara harfiah ilmu berarti mengetahui. Ilmu juga berarti pengetahuan, baik berkaitan tentang agama maupun tentang dunia.

Mempelajari ilmu agama hukumnya wajib, yakni apabila ditinggalkan maka berdosa. Mempertimbangkan sedemikian besarnya urgensitas ilmu, Imam Syafi’I mengatakan,

“Mencari ilmu lebih utama daripada shalat sunnah.”

Ilmu lebih utama, maknanya adalah sesuatu yang wajib, yakni apabila dilakukan akan mendapatkan pahala, dan apabila ditinggalkan atau tidak dilakukan akan mendapatkan dosa. Berbeda dengan keutamaan sholat sunnah yang maknanya adalah sesuatu yang tidak wajib, tetapi sunnah, yakni apabila dilakukan akan mendapatkan pahala, dan apabila tidak dilakukan maka tidaklah mengapa (tidak berdosa dan tidak pula berpahala).

Imam Syafi’I juga mengatakan,

“Tak ada yang lebih utama setelah faroidh (kewajiban syari’at yang diwajibkan) daripada ilmu.”

Kewajiban-kewajiban syari’at yang diwajibkan adalah semisal menegakkan sholat, membayar zakat, dan menunaikan puasa. Dan setelah hal faroidh tersebut terdapat sesuatu yang lebih utama, yakni ilmu.

Terdapat suatu kisah di tanah Arab di mana terdapat seorang sedang mengajar tentang ilmu agama kepada murid-muridnya. Waktu itu adalah bulan Ramadhan, dan semua murid yang datang pada waktu itu sedang dalam keadaan berpuasa. Tiba-tiba si guru ini minum di sela-sela waktu mengajarnya. Semua murid tentu penasaran. Dan salah satu murid bertanya kepada guru tersebut, “Wahai guru, mengapa engkau tidak berpuasa?” Maka sang guru pun menjawab, “Aku tidak berpuasa karena aku belum baligh.” Dan guru itu bernama Muhammad bin Idris, dan dialah Imam Syafi’i.

Dalam suatu hadist berbunyi,

Tulisan lanjutan tentang Kultum: Ilmu ada di link ini:

http://sevmananda.wordpress.com/2013/07/16/kultum-ilmu/

Kultum ilmu

_________

Ananda Sevma

Selesai disalin dan diketik pada hari Sabtu malam tanggal 28 Juli 2012, pukul 8:51 PM. Disempurnakan pada keesokan harinya waktu sore beberapa menit sebelum berbuka puasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s