Bersyukurlah

Jika populasi bumi berkurang hingga menjadi sebuah desa dengan hanya 100 orang penduduk, seperti apakah profil desa kecil yang beragam ini, jika seluruh perhitungan rasio kependudukan dianggap masih berlaku? Philip M. Hartner, MD dari Fakultas Kedokteran Stanford University Amerikat Serikat, mencoba menemukan jawaban atas pertanyaan ini.

Berdasarkan analisanya, desa kecil bumi akan terdiri dari :

57 orang Asia,

21 orang Eropa,

14 orang berasal dari belahan bumi sebelah barat, dan

8 orang Afrika

Continue reading

Advertisements

Mawar untuk Ibu

Seorang pria berhenti di toko bunga untuk memesan seikat karangan bunga yang akan dipaketkan pada sang ibu yang tinggal sejauh dua ratus lima puluh kilometer darinya. Begitu keluar dari mobilnya, ia melihat seorang gadis kecil berdiri di trotoar jalan sambil menangis tersedu-sedu. Pria itu menanyainya kenapa dan dijawab oleh gadis kecil, “Saya ingin membeli setangkai bunga mawar merah untuk ibu saya. Tapi saya cuma punya uang lima puluh ribu saja, sedangkan harga mawar itu tujuh ratus lima puluh ribu.”

Continue reading

Karena Balasan Itu Selalu Setimpal

Malam-malam pengantin baru adalah saat-saat yang paling diimpikan oleh gadis-gadis yang sedang beranjak dewasa. Dan pernikahan ialah muara yang selalu menjadi angan-angan para pemuda. Bahkan sebagian anak muda berusaha mencapainya dengan berbagai cara, sampai-sampai ada yang melanggar atuan agama. Mereka mencari kenikmatan dengan cara yang haram baik melalui percakapan telepon, janji pertemuan atau juga melalui internet.

Sebagian gadis baik-baik yang sepanjang hidupnya belum pernah berjumpa dengan kaum pria –kecuali dengan mahramnya- meyakini bahwa ia adalah gadis yang takkan mungkin menikah di zaman sekarang, di zaman pacaran atau ta’arufan yang basisnya tidak pernah dibahas di dalam kitab fiqih manapun. Meskipun sebenarnya telat menikah itu seringkali adalah nikmat tersendiri untuknya, sebab suatu saat nanti Allah akan mengaruniakan padanya seorang pria shalih yang akan menemaninya melewati hidup dengan bahagia.

Marilah baca kisah berikut ini…

Continue reading

Tweets : #UdahPutusinAja

Bismillaah.. #UdahPutusinAja

1. pacaran itu menjalin silaturahim | “silaturahim itu hubungan ke kerabat, bukan pacaran” #UdahPutusinAja

2. pacaran itu bikin semangat belajar | “semangat belajar maksiat?” #UdahPutusinAja

3. pacaran itu buat dia bahagia, itu kan amal shalih| “ngarang, btw, telah bahagiakan ibumu?ayahmu?” #UdahPutusinAja

4. pacaran itu sekedar penjajakan kok | “serius nih penjajakan? ketemu ibu-bapaknya berani?” #UdahPutusinAja

5. kasian kalo diputusin | “justru tetep pacaran kasian, dia dan kamu tetep kumpulin dosa kan?” #UdahPutusinAja

6. kasian dia diputusin, aku sayang dia | “putusin itu tanda sayang, kamu minta dia untuk taat sama Tuhannya, betul?” #UdahPutusinAja

7. putus itu memutuskan silaturahim | “silaturahim itu kekerabatan, sejak kapan dia kerabatmu?” #UdahPutusinAja

Continue reading

Karena Yakin Bisa Mengubah yang ‘Nggak Mungkin’ Menjadi Mungkin

Anda mengenal George Dantzig? Jika tidak, jangan buka situs pencari untuk menulis kata kunci dengan nama itu. Saya hanya bertanya sekilas. Namun lebih baik Anda mencari tahu lebih banyak tentangnya setelah membaca artikel ini. Artikel ini terinspirasi dari dua paragraf terakhir dari judul Keyakinan Bisa Mengubah yang Tidak Mungkin Menjadi Mungkin yang ada di dalam buku ‘Ketika Mozart Kecil Memainkan Jemarinya’, dan itu sangatlah membuatku terpana. Bacalah saja…

Continue reading

BELAJAR (SECARA) KONTINU

“Aku bosan belajar, lebih baik makan saja!” “Aku ingin tidur, belajarnya besok-besok saja!” “Daripada belajar , pagi-pagi ini mending nge-game!”

Ungkapan batin di atas sering kita temui atau dengar pada sahabat kita atau orang yang lebih tua dari kita. Dan tidaklah pantas mengingkari bila ungkapan tersebut pernah ada dalam benak kita. Sadari saja! Pentingnya belajar secara terus menerus (continue) adalah hal yang susah tapi mudah untuk dilakukan.

Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.”  [ HR. Muslim no. 783]

An Nawawi rahimahullah mengatakan, ”Ketahuilah bahwa amalan yang sedikit namun rutin dilakukan, itu lebih baik dari amalan yang banyak namun cuma sesekali saja dilakukan. Ingatlah bahwa amalan sedikit yang rutin dilakukan akan melanggengkan amalan ketaatan, dzikir, pendekatan diri pada Allah, niat dan keikhlasan dalam beramal, juga akan membuat amalan tersebut diterima oleh Sang Kholiq Subhanahu wa Ta’ala. Amalan sedikit yang rutin dilakukan akan memberikan ganjaran yang besar dan berlipat dibandingkan dengan amalan yang sedikit namun sesekali saja dilakukan.”[Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 3/133, Mawqi’ Al Islam, Asy Syamilah]

Continue reading

Karena Cintaku, Cintamu, dan Cinta-Nya (2)

Emang bener kata si SEMAR, …

Dialah bapak dari lakon-lakon wayang berjuluk Punakawan, Semar. Tak dapat dipungkiri dia ikut dalam peran bertema cinta. Sehingga dia berkata,

“Orang kalau lagi jatuh cinta itu susah dinasihati,”

Dan begitulah. Sekecil apapun jatuh cintanya, entah itu jatuh cinta yang pertama pada pandangan pertama ataupun jatuh cinta yang ke sekian kalinya, pasti tidak bakal mau dinasihati untuk kembali ke jalan yang utama, cinta yang afdhol, dan tuntunan yang jelas. Dalam hatinya bergumam, “What the beautiful girl she is,” atau “What the handsome boy he is,”

Continue reading